Home » Berita

Category Archives: Berita

Pengabdian Masyarakat Dosen Agribisnis Faperta 2017

Bertempat di Balai Kecamatan Cikeusal Kabupaten Serang, tanggal 10 Agustus 2017 dilakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Dosen Dosen Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Kegiatan ini merupakan bagian dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ketiga yaitu Pengabdian Terhadap Masyarakat, dengan mengundang Perangkat Kecamatan, Masyarakat perwakilan Kecamatan Cikeusal

Tema Pengabdian adalah Pelatihan, Pengembangan, dan Penguatan Sistem Managemen pada UMKM di Lingkungan Kecamatan Cikeusal, dengan Pemateri Dr. Hj. Meutia, SP., MP. dan Ir. Hj. Sri Mulyati, M.Si.

 pengabmas cikeusal 2017 004

pengabmas cikeusal 2017 010

pengabmas cikeusal 2017 015

pengabmas cikeusal 2017 021

pengabmas cikeusal 2017 023

pengabmas cikeusal 2017 027

FacebookTwitterGoogle+Share

Akreditasi Agribisnis 2017

  akreditasi2

Bertempat di Ruang Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa pada Tanggal 25, 26 dan 27 Mei , telah dilakukan kegiatan Visitasi Akreditasi Jurusan Agribisnis Tahun 2017.

Akreditasi Jurusan Agribisnis ini menjadi akreditasi yang ketiga setelah sebelumnya di Tahun 2006, dan Tahun 2012.

Visitasi di tahun 2017 ini di hadiri oleh 2 orang Assesor yaitu Prof. Dr. Ir. Muslich Mustadjab, M.Sc. (Universitas Brawijaya) dan Dr. Ir. Lies Sulistyowati, MS (Universitas Padjadjaran)

seluruh civitas Fakultas Pertanian terutama Jurusan Agribisnis berharap bahwa kegiatan Akreditasi menjadi tahapan agar Agribisnis menjadi lebih baik.

akreditasi

Mahasiswa dan Alumni Faperta Untirta Menjadi Pendamping Petani Upsus Luas Tambah Tanam

upsus

Mahasiswa/i dan Alumni Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menjadi pendamping para Petani di Provinsi Banten khususnya pada Kabupaten Pandeglang dan Lebak dalam program luas Tambah Tanam yang dimiliki oleh Kementerian Pertanian Indonesia.

Program luas Tambah Tanam ini bertujuan untuk mencapai kemandirian pangan yang kuat dan berkelanjutan sekaligus ramah lingkungan, akan berlangsung selama 3 bulan dimulai sejak tanggal 5 april sampai dengan 13 Agustus 2017 serta melibatkan 7 Dosen Pembimbing, 67 personel yang merupakan mahasiswa/i dan alumni Faperta Untirta. Adapun wilayah kerja Pendamping Petani ini untuk Kabupaten Lebak meliputi Kecaamatan Cipanas, Leuwi Damar, Malingping, Wanasalam, Cimarga dan Gunung Kencana, untuk Kabupaten Pandeglang meliputi kecamatan Panimbang, Cigeulis, Sobang, Angsana, Munjul, Bojong, Cibaliung dan Cikeusik.

Menurut keterangan Prof. Dr. Nurmayulis, SP., MP selaku Dekan Faperta Untirta menyampaikan pada tahun 2017 ini Untirta diamanahi oleh Kementerian Pertanian Indonesia melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDM) untuk melaksanakan pendampingan kepada para petani di Provinsi Banten. Proses rekrutmen pendamping petani dimulai dari pendaftaran, penseleksian dan pengumuman di bulan Febuari 2017. Adapun tugas-tugas pendamping diantaranya bersinergi dengan semua pihak seperti penyuluh, babinsa, petani dll dalam rangka mensukseskan swasembada pangan, melakukan penyuluhan tentang potensi swasembada komoditas di wilayah setempat, membantu penyuluh dalam mencapai realisasi target program luas tambah tanam dan produktifitas panen, memonitor penyaluran bantuan baik sarana produksi pertanian maupun alat/mesin pertanian, melaksanakan uji teknologi pada setiap wilayah binaannya. Beliau berharap semoga seluruh pendamping bisa bekerja mendampingi petani, bekerja ikhlas, sungguh sungguh, semangat, sehingga petani dapat melaksanakan bercocok tanam dengan baik dan goal-goal pemerintah seperti salah satu diantaranya Swasembada pangan tercapai

Yudisium Fakultas Pertanian Untirta Gelombang I tahun 2017

yudisium

Serang, (17/3/2017) Fakultas Pertanian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menyelenggarakan Yudisium calon wisudawan gelombang I tahun 2017, bertempat di Gedung B Auditorium Untirta. Acara tersebut dihadiri oleh Rektor Untirta Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd, Wakil Rektor Bidang Kerjasama Prof. Dr. Ir. Kartina, MP, Dekan Fakultas Pertanian Prof. Dr. Ir. Nurmayulis, MP, Wakil Dekan I Dr. Ir Susiyanti, MP, Wakil Dekan II Dr. Mustahal, M.Sc, Kajur Agribisnis Dr. H. Suherman, Ir.,MM., M.Si, Wakil Dekan III Putra Utama, Sp., MP, Kajur Prikanan Aris Munandar, S.Pi., M.Si, Kajur Agroekoteknologi Andi Apriany Fatmawati, SP.,MP, Anggota Senat Dr. Fitria Riany erys, SP., MP, para tamu undangan dan para wisudawan.

Prof. Dr. Ir. Nurmayulis, MP dalam sambutannya mengatakan atas nama civitas Akademika Faperta Untirta pada acara Yudisium dan pelepasan calon wisudawan Faperta Untirta ini dengan bangga meluluskan sebanyak 93 orang lulusan dengan rincian sebanyak 32 orang dari Jurusan Agribisnis, 32 orang Jurusan Agroekoteknologi dan 29 orang dari Jurusan Perikanan. Beliau menyampaikan kelulusan sebagai Sarjana hari ini bukanlah akhir dari perjuangan, namun merupakan awal dari sebuah langkah dalam menghadapi tantangan sesungguhnya dalam kehidupan nyata, dan kami berharap ilmu pengetahuan yang saudara dapatkan selama menempuh pendidikan di Faperta Untirta dalam rangka mencari dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat, bangsa dan dapat diimplementasikan dalam menjawab persoalan-persoalan yang dihadapi masyarakat.

Rektor Untirta Prof. Dr. Sholeh Hidayat, M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa guru adalah cahaya ilmu yang harus dihormati, karena darinya kita banyak dan bisa memahami dan apa-apa saja yang telah diberikan dengan begitu tulus membimbing kita dalam belajar sehingga sekarang saudara telah menjadi sarjana. Kita harus terus belajar dan terus belajar. Jadikanlah belajar sebagai kebutuhan, karena orang cerdas bisa mampu beradaptasi dengan keadaan apapun, tegasnya. Beliau mengucapkan selamat dan sukses kepada calon wisudawan Faperta Untirta hingga selesai meraih gelar sarjana, terimakasih kepada seluruh dosen Fakultas Pertanian yang telah menghantarkan mahasiswa/i hingga menjadi sarjana. Beliau juga mengumumkan tentang wisuda gelombang I tahun 2017 Untirta akan dihadiri oleh Menteri Pendidikan periode 2009-2014 Prof. Dr. Ir. KH. Mohammad Nuh, DEA. Diakhir sambutan beliau mohon doa restu dan dukungan dari para Alumnus Untirta terkait Pembangunan 11 gedung di Sindangsari guna menunjang proses belajar mengajar. Acara dilanjutkan pemberian penghargaan kepada mahasiswa terbaik Fakultas Pertanian atas nama Elsa Mutiara Jurusan Agribisnis dengan IPK 3,89/dengan pujian, Nuni Nurseha Dillah Jurusan Perikanan dengan IPK tertinggi 3,84/dengan pujian, Siti Nurjanah Jurusan Agroekoteknologi dengan IPK tertinggi 3,74/dengan pujian. Penerimaan penghargaan diberikan langsung oleh Dekan Fakultas Pertanian Untirta.

Wakil Bupati Serang Meresmikan Kebun Percobaan Faperta Untirta

kebun percobaan

Serang 10/02/17 dilaksanakan peresmian Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Untirta yang berada di Kampung Cikuya Desa Sindangsari Kecamatan Pabuaran Kabupaten Serang. Kegiatan dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Serang H. Pandji Tirtayasa, Rektor Untirta Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd, para Pimpinan Untirta, Dinas terkait, Aparatur Kecamatan dan Desa, para Dosen dan Staf Faperta serta para tamu undangan.

Kegiatan diawali sambutan yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Pertanian (Faperta) Untirta Prof. Dr. Nurmayulis, Ir., MP. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Serang yang telah menghibahkan lahannya seluas 2,1 hektare dari total 5 hektare untuk difungsikan sebagai kebun percobaan Fakultas Pertanian Untirta. Semoga Pemda Kabupaten Serang juga dapat memperbaiki akses jalan menuju kebun percobaan ini, kata Dekan faperta Untirta.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Rektor Untirta. Beliau menyampaikan tentang tantangan Fakultas Pertanian kedepan untuk menjadikan kebun ini sebagai sarana penunjang kegiatan praktikum khususnya bagi mahasiswa Fakultas Pertanian Untirta. Selain itu juga Rektor Untirta menantang para Dosen Faperta untuk berkarya di kebun tersebut. Terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Serang yang telah memberikan izin pembangunan Kampus Untirta di Desa Sindangsari, kami akan memaksimalkan segala aspek yang telah diberikan, diantaranya terkait pemberdayaan masyarakat, tuntasnya.

Acara selanjutnya yaitu sambutan sekaligus peresmian Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Untirta oleh Wakil Bupati Kabupaten Serang H. Pandji Tirtayasa. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa banyak harapan dengan adanya kebun percobaan ini, Semoga akan muncul varietas unggul yang dihasilkan dari kebun percobaan ini, kata Wabup Serang. Lahan dikawasan Desa Sindangsari sudah dialokasikan untuk pembangunan Untirta seluas 100 hektare, jadi tidak akan keluar izin-izin yang lain terkecuali izin pendirian Untirta di kawasan tersebut, tuntasnya. Setelah memberikan sambutan, Wakil Bupati Serang langsung meresmikan kebun percobaan Fakultas Pertanian Untirta didampingi oleh Rektor Untirta dan para tamu undangan. (Angga-SOKD/Humas)

Seminar Membangun Ketahanan Pangan Nasional Berbasis Sumber Daya Lokal

semnasfaperta

Pada hari Rabu, (03/11/2016) Fakultas Pertanian (Faperta) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional di Ruang Ball Room Hotel Ledian kota Serang.

Seminar ini disponsori oleh Bank BNI 46, bertemakan Membangun Ketahanan Pangan Nasional Berbasis Sumber Daya Lokal dengan Narasumber Prof. Dr. Maman Haeruman Karmana (Guru Besar Ketahanan Pangan Universitas Padjajaran (Unpad) dan Prof. Dr. Bustanul Arifin Ketua (Ketua Pokja Dewan Ketahanan Pangan Nasional) serta dimoderatori oleh Ir. Hj. Andjar Astuti, M.Si. Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB, dengan dihadiri oleh Rektor Untirta, Perwakilan Gubernur Banten, Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan, Wakil Rektor bidang Kerjasama, Dekan Faperta, Pimpinan Perhimpunan Ekonomi Pertanian Indonesia (Perhepi), para Guru Besar/Dosen, para peserta Seminar dan tamu undangan lainnya.

Sebelum acara pembukaan oleh Rektor Untirta, Ketua Pelaksana Seminar Nasional Yeni Budiawati, SP., M.EP menyampaikan Selamat datang di acara Seminar Nasional Faperta 2016. Seminar Nasional ini merupakan wujud semangat dalam membangun dan menjalin komunikasi ilmiah antar akademisi, peneliti, praktisi dan pemegang kebijakan dalam pengembangan pertanian berkelanjutan. Seminar Nasional ini diharapkan memberi dasar pemikiran dan kebijakan tentang konsep ketahanan pangan nasional yang berbasis sumber daya lokal yang selaras dengan tujuan dari millenium development goal. Kegiatan seminar nasional ini diikuti oleh 33 pemakalah nasional terseleksi dari berbagai Universitas di Indonesia yang diantaranya juga meliputi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Andalas, Universitas Padjajaran, Institut Pertanian Bogor, Universitas Wilalodra, Sekolah Tinggi Teknik Pertanian Bogor dan perwakilan Indonesia Bagian Timur Poli Teknik Negeri Maluku. Ketua Pelaksana mengucapkan terima kasih dan apresiasi setingi tingginya kepada seluruh komponen kepanitiaan Seminar Nasional dan pihak sponsor Bank BNI 46 serta semua pihak yang membantu. Harapannya semoga seminar ini diberi kelancaran oleh Allah SWT.

Pada saat pembukaan acara Seminar Nasional ini Rektor Untirta Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd menyampaikan masalah pangan saat ini merupakan salah satu masalah yang serius, menyelesaikan masalah tersebut tidak hanya diarahkan pada aspek fisik dan peralatan yang canggih saja, namun pembinaan sumber daya manusia juga merupakan salah satu aspek yang penting. Tercukupinya kebutuhan pangan merupakan faktor utama yang harus diperjuangkan melalui berbagai langkah strategis dan bijaksana, baik oleh Pemerintah maupun masyarakat sendiri. Dukungan peranan para Akademisi merupakan faktor kunci utama dalam hal pengembangan dan inovasi produk pangan sehingga dapat memacu peningkatan nilai tambah, daya saing dan keuntungan bagi produk pangan nasional yang akan dihasilkan melalui penerapan aplikasi teknologi yang terukur dengan jaminan kualitas produk pangan yang standar serta mampu memenuhi kriteria nilai kuantitas yang diharapkan.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh para Narasumber, materi-materi yang disampaikan salah satu diantaranya adalah sebagai berikut paradigma kedaulatan pangan, rencana pemerintah jangka menengah (2015-2019) dalam peningkatan kedaulatan pangan, fluktuasi harga pangan, peta ketahanan / kerentanan pangan, pengembangan pangan lokal, industrialisasi pedesaan, indikator baru pangan gizi, kualitas gizi dan lain sebagainya. Adapun resume dari seminar ini diantaranya Indonesia mempunyai keunggulan pangan lokal dikarenakan penyebabnya produk pangan Indonesia itu mengandung plasma nutfah/sumber daya genetik yang kaya, permasalahan yang dihadapi dalam pengembangan pangan lokal Indonesia yaitu sistim waris tanpa batas, tradisi kawin cerai, agriculture leader negative, highly overlape, pasar tunggal, Nilai Tukar Petani (NTP) rendah, persaingan yang tidak sehat, kemudian upaya-upaya yang harus dilakukan dalam menghadapi permasalahan pengembangan pangan di Indonesia diantaranya diversifikasi pangan berbasis sumber daya lokal, meningkatkan NTP (Nilai Tukar Petani), pasar tunggal Asean menjadi manfaat bagi bangsa kita, mengembangkan industry pengolahan, kembangkan sumberdaya lokal inovasi teknologi serta kelembagaan dan lain sebagainya.

Acara ini selesai pada pukul 17.00 WIB dan ditutup dengan pembacaan doa.

Hasil Prosiding Seminar Nasional 2017 (download disini)

Video kegiatan Semnas (via Youtube)

 

Dies Natalis ke 32 Jurusan Agribisnis

Pada Tanggal 31 Agustus 2016, bertempat di Ruang Dosen Fakultas Pertanian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang berlokasi di Kampus Pakupatan Serang diadakan kegiatan Dies Natalis memperingati kelahiran yang ke 32 Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Kegiatan Dies Natalis ini dalam rangka memperingati Milad Jurusan Agribisnis yang ke 32 dengan Tema “Dengan Usia yang ke 32 semoga Jurusan Agribisnis Lebih Maju dan Sukses”

Acara dihadiri oleh perwakilan Rektorat, Fakultas, serta seluruh civitas akademik Fakultas Pertanian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa terutama dari Jurusan Agribisnis.

Selain sebagai acara silaturahmi civitas Agribisnis, dalam acara tersebut juga dilakukan pemberian penghargaan kepada Dosen Terbaik Agribisnis berdasarkan kinerja penelitian produktif serta penghargaan kepada mahasiswa Jurusan Agribisnis yang telah berprestasi baik di tingkat Universitas, Tingkat Propinsi dan Tingkat Nasional

 

 

 

SEMINAR INTERNASIONAL STRATEGI MENCARI BEASISWA DI LUAR NEGERI DAN BERADAFTASI DENGAN KEHIDUPAN LUAR NEGERI

Kegiatan seminar internasional dengan tema ini dilaksanakan atas pertimbangan masih banyaknya staf pengajar UNTIRTA yang belum memanfaatkan kesempatan studi di luar negeri. Beberapa sebab yang dapat dianalisa adalah pertama kurangnya informasi beasiswa di luar negeri, kurangnya informasi mengenai situasi kehidupan di luar negeri dan faktor dari masing-masing individu terutamanya faktor kemampuan berbahasa asing dan faktor keluarga. Untuk meminimalisasi faktor-faktor tersebut Pusat Layanan Internasional UNTIRTA mencoba mengadakan suatu kegiatan yang mengundang pembicara dari luar untuk memberikan informasi terkait beasiswa dan kehidupan di luar negeri.

 Pada tanggal 24 November 2014 Pusat Layanan Internasional mengadakan kegiatan Seminar dengan mengundang Dr. Indra Purnama, seorang peneliti di Nanyang Technological University Singapura dan Mr. Louis Presset, Direktur Indonesian Francais Institute (IFI) Bandung. Kegiatan dilakukan di hotel Le Dian Serang yang dimulai pada pukul 08.00 waktu setempat. Kegiatan dibuka oleh Bapak Rektor UNTIRTA Prof. Dr. H. Soleh Hidayat yang didahului dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, laporan kegiatan oleh Ketua pelaksana kegiatan Dr.Eng Agung Sudrajad dan penjelasan mengenai latar belakang kegiatan oleh Direktur PLI UNTIRTA Prof. Dr. Kartina. Bapak Rektor berharap kegiatan seperti ini digalakkan terus terutamanya dengan mengundang beberapa pusat pendidikan/budaya luar negeri datang ke kampus UNTIRTA dan menjelaskan peluang-peluang beasiswa diluar negeri.

 Peserta seminar berasal dari civitas akademika UNTIRTA (dosen, mahasiswa dan alumni), undangan dari UNSERA, UNBAJA, Universitas Bina Bangsa, Stikes Falatehan, IAIN Sultan Maulana Hasanudin, dan perwakilan SMAN 1 Serang, yang kesemuanya berjumlah 80 orang peserta.

 Pembicara pertama Dr. Indra Purnama memaparkan mengenai pengalaman beliau dalam mencari beasiswa sejak lulus Sekolah Menengah Atas dan kerena kegigihan dan keberhasilan menembus tes yang dilakukan pemberi beasiswa beliau melanjutkan studi di Nanyang Technological University sampai tingkat Doktoral. Beberapa hal yang ditekankan oleh beliau adalah sebelum mencari tempat studi terlebih dahulu untuk melihat universitas yang dituju, situasi kota dimana universitas tersebut berada dan bidang penelitian yang dijalani oleh calon Professor pembimbing. Hal ini sangat mudah dilaksanakan saat ini mengingat informasi-informasi tersebut dapat dilihat dalam laman yang berkaitan. Tidak kalah penting adalah kemampuan bahasa asing dan kepercayaan diri.

 Pembicara kedua M. Louis Presset menjelaskan mengenai peluang mendapatkan besiswa studi di Prancis dengan bantuan lembaga yang dipimpinnya. IFI adalah lembaga resmi yang ditunjuk oleh Pemerintah Prancis untuk mengkoordinir dan mendata pendaftar/penerima beasiswa universitas di Prancis. Beberapa laman web yang dapat diakses oleh calon pendaftar beasiswa Prancis juga disampaikan. Beliau juga menjelaskan bahwa negara Prancis saat ini tengah giat menarik calon mahasiswa dari mancanegara termasuk Indonesia, bahkan saat ini sudah banyak universitas di Prancis yang menerapkan pengajaran dalam bahasa inggris pada level master dan doktoral. Bidang yang ditawarkan juga beragam, mulai dari studi pangan, kesehatan, keteknikan, sosial hukum/ekonomi dan humaniora, bahkan bidang yang selama ini menjadi trade mark Prancis yaitu mode dan parfume.

 Para peserta sangat antusias dalam mengikuti seminar, banyak pertanyaan yang diajukan kepada kedua pemateri hingga dilanjutkan pada sesi istirahat. Antusiasme peserta ini sangat menggembirakan bagi kita, hal ini mengindikasikan bahwa keinginan untuk studi di luar negeri sangat diidam-idamkan oleh civitas akademika UNTIRTA dan juga warga serang Banten. Diakhir pembicaraan disepakati untuk merintis Pusat Studi Prancis (Warung Prancis) di UNTIRTA dan mengajarkan bahasa Prancis di kalangan siswa sekolah lanjutan atas.

 Acara ditutup dengan menyerahkan kenang-kenangan berupa patung badak ujung kulon oleh Wakil Rektor I UNTIRTA Dr. Benny Irawan dan Wakil rektor IV Dr. Fatah Sulaeman kepada masing-masing pemateri.